Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly mendaftarkan diri sebagai caleg dari PDIP pada Pemilu 2024. (Foto: Ist)

JAKARTA, Eranasional.com – Tercatat ada lima menteri dan empat wakil menteri mendaftarkan diri sebagai bakal calon legislatif (caleg) pada Pemilu 2024. PKB paling banyak mendaftarkan menterinya sebagai caleg.

Dua menteri asal PKB itu adalah Menteri Tenaga Kerja (Menaker) Ida Fauziyah dan Meteri Desa PDTT Abdul Halim Iskandar. Seperti PDIP mendaftarkan Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly. Sementara Partai Nasdem mendaftarkan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo. Dan, Menteri Pemuda dan Olahraga Dito Ariotedjo dari Partai Golkar

Kelima menteri itu terdaftar dalam Daftar Caleg Sementara (DCS) yang dipublikan KPU.

Diketahui, Ida Fauziyah maju melalui Dapil Jakarta 2, Dito Ariotedjo Dapil Jakarta 1, Yasonna Dapil Sumatera Utara 1, Syahrul Yasin Limpo Dapil Sulawesi Selatan 1, dan Abdul Halim Iskandar maju sebagai caleg di Dapil Jawa Timur 8.

Sementara, wakil menteri yang menyalonkan diri sebagai caleg yakni Wakil Menteri Pariwisara dan Ekonomi Kreatif (Wamenparekraf) Angela Tanoesoedibjo pada Dapil 1 Jawa Timur dari Partai Perindo, Wakil Menteri Ketenagakerjaan Afriansyah Noor maju melalui Dapil Jawa Barat 5 dari PBB, dan John Wempi Wetipo maju melalui Dapil Papua Pegunungan melalui PDIP.

Satu lagi yaitu Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga maju melalui Dapil Sulawesi Utara dari Partai Golkar.