Politisi PDIP Budiman Sudjatmiko mendeklarasikan Relawan Prabowo-Subianto Bersatu (Prabu) di Semarang, Jawa Tengah, Jumat (18/8/2023). (Foto: Ist/Antara)

JAKARTA, Eranasional.com – PDIP pecat Budiman Sudjatmiko. Penyebanya karena mendukung Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto pada Pilpres 2024 mendatang.

PDIP memecat mantan Ketua Umum Partai Rakyat Demokrat (PRD) itu, Kamis (34/8/2023). Dia dinilai tidak mematuhi arahan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri untuk memenangkan Ganjar Pranowo, capres yang diusung PDIP. Hal itu dianggap sebagai pelanggaran berat.

“Bahwa sesungguhnya sikap, tindakan dan perbuatan saudara Budiman Sudjatmiko, M.A, M.Phill selaku kader PDI Perjuangan yang tidak mengindahkan instruksi Ketua Umum PDI Perjuangan untuk mendukung Ganjar Pranowo sebagai Presiden Republik Indonesia pada Pemilu 2024 dengan mendukung calon Presiden dari partai politik lain merupakan pelanggaran kode etik dan disiplin partai dikategorikan sebagai pelanggaran berat,” bunyi dari surat pemecatan Budiman Sudjatmiko yang dilayangkan PDIP.

Dalam surat yang sama, PDIP menekankan kepada setiap kader wajib tunduk dengan ideologi, program, dan sikap partai politik.

Total ada 7 poin pertimbangan PDIP memecat Budiman Sudjatmiko sebagai partai berlambang banteng moncong putih tersebut yaitu menjaga kehormatan, kewibawaan dan citra partai, efektivitas organisasi, arah perjuangan partai, dan sanksi organisasi.

Pertimbangan lainnya yaitu tidak mematuhi perintah Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri, rekomendasi Komite Etik dan Disiplin partai, yang berujung pada pemecatan Budiman Sudjatmiko.

Diberitakan sebelumnya, Budiman Sudjatmiko menyatakan mendukung Prabowo Subianto sebagai capres pada Pilpres 2024. Dukungan diberikan berbarengan dengan deklarasikan Relawan Prabowo-Budiman Bersatu (Prabu) di Semarang, Jumat (18/8) lalu.