LRT Jabodebe. (Foto: Ist/Dok Kemenhub RI)

JAKARTA, Eranasional.com – Mulai Senin (28/8/2023) pukul 14.00 WIB, masyarakat sudah bisa menggunakan moda transportasi LRT Jabodebek. Jam beroperasinya dari pukul 05.00 WIB sampai dengan 20.00 WIB.

“Jam operasional LRT Jabodebek dimulai pukul lima pagi sampai dengan delapan malam,” kata Direktur Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Muhammad Risal Wasal di Stasiun LRT Dukuh Atas, Jakarta Pusat, Senin (28/8/2023).

Kata dia, nantinya dalam setiap harinya, LRT Jabodebek bisa melayani 467 perjalanan. Tapi, hal itu dilakukan secara bertahap.

“Tahap pertama, dua minggu ke depan kita baru mengoperasikan 12 train set yang akan beroperasi dari jam 05.00 WIB sampai dengan jam 20.00 WIB. Setelah itu tambah lagi 14 train set,” jelasnya.

“Dua minggu kemudian ditambah lagi 16 train set, dan terakhir 27 train set. Nantinya kurang lebih sehari ada 467 perjalanan kereta api Jakarta-Bekasi, Jakarta-Cibubur,” sambungnya Risal.

Sementara, waktu tunggu atau headway untuk stasiun yang ada di ujung perjalanan sepert Stasiun Harjamukti, Cibubur dan Stasiun Jatimulya, Bekasi sekitar 20 menit. Sedangkan, untuk stasiun ke stasiun di dalam kota, headway-nya sekitar 10 menit.

Diresmikan Presiden Jokowi

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan moda transportasi LRT Jabodebek di Stasiun LRT Cawang, Jakarta Timur. Presiden menyebut, LRT sepanjang 41,2 kilometer tersebut dibangun dengan menghabiskan anggaran Rp32,6 triliun.