Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dan bakal capres Anies Baswedan membentuk simbol partai menggunakan jarinya. (Foto: Dok Partai Demokrat)

JAKARTA, Eranasionanl.com – Bakal capres Anies Baswedan menanggapi soal duet dirinya dengan Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar (Cak Imin) dengan kata-kata bijak. Tapi sepertinya, dia plagiat, mengutip dari bio akun Instagram milik Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhohono (AHY).

Seperti diketahui, Anies dan Cak Imin diduetkan oleh Partai Nasdem sebagai capres-cawapres, sehingga membuat Partai Demokrat menyatakan keluar dari Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP).

Awalnya Anies meminta para relawan agar tetap fokus mensosialisasikan perubahan.

“Nanti pada waktunya aka nada penjelasan lengkap, sekarang kita fokus pada usaha kita melakukan perubahan,” kata Anies, Sabtu (2/9/2023).

Dia pun memberikan kalimat-kalimat motivasi untuk relawannya. Dia meminta agar relawan tetap solid.

“Dan ingat, kita harus ikhlas. Artinya dipuji tidak terbang, dicaci tidak tumbang. Kita Insya Allah ikhtiar, Insya Allah kita akan dimudahkan jalannya. Jaga semangat, terus solid,” ucapnya.

Ternyata, kalimat motivasi yang disampaikan mantan Gubernur DKI Jakarta itu sepertinya plagiat diambil diambil kalimat dalam bio IG AHY, tapi dirubah sedikit. Bunyinya bio IG AHY yakni, “Menang tidak terbang, kalah tidak patah”.

Sebelumnya, PKB menyatakan telah menerima tawaran duet Anies-Cak Imin. Partai Demokrat yang merasa dikhianati dengan oleh Anies mencabut dukungan.