Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas. (Foto: Ist/Dok Kemenag)

JAKARTA, Eranasional.com – Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas mengingatkan masyarakat untuk kembali memeriksa rekam jejak seorang capres sebelum memberikan dukungan pada Pilpres 2024. Katanya, jangan pilih capres yang pernah memecah belah umat.

“Harus dicek betul, pernah enggak capres itu pernah memecah belah umat. Kalau pernah, jangan dipilih,” kata Gus Yaqut, panggilan akrabnya, dikutip dari Kemenag.go.id, Senin (4/9/2023).

Dia berharap masyarakat tidak memilih calon pemimpin yang menggunakan agama sebagai alat politik untuk memperoleh kekuasaan. Hal ini dikatakannya di acara Tabliq Akbar Idul Khotmi Nasional Thoriqoh Tijaniyah ke-231 di Pondok Pesantren Az-Zawiyah, Tanjung Anom, Garut, Jawa Barat.

Seharusnya, lanjut Yaqut, justru agama dapat melindungi kepentingan seluruh umat.

Dia menyebutkan, Islam mengajarkan kepada umatnya untuk menebarkan Islam sebagai rahmatan lil’alamin.

“Rahmat untuk semesta alam, bukan rahmatan lil islami,” ujarnya.

Menurut Ketua Umum GP Ansor ini, pentingnya mencari tahu rekam jejak seorang capres agar rakyat Indonesia dapat hidup tenang dan damai, walau berbeda-beda dalam pilihannya.

Dia pun meminta tarekat Tijaniay menjadi contoh, bagaimana memilih pemimpin yang baik. Yaqut menyebutkan ciri-ciri pemimpin yang baik yaitu yang bisa dipercaya.

“Bisa diberikan amanah untuk memimpin bangsa besar seperti Indonesia. Bangsa yang memiliki keragaman, bangsa yang memiliki banyak perbedaan, tetapi itu menjadi kekuatan kita,” ucap dia.