Menteri BUMN Erick Thohir menghadiri acara HUT Implementasi AKHLAK yang diselenggarakan di Menara BRILiaN, Jakarta. (Foto: Ist/Dok BRI)

Dalam acara tersebut, turut hadir jajaran Direksi BRI di antaranya, Direktur Utama BRI Sunarso, Direktur Human Capital BRI Agus Winardono, Direktur Digital & TI BRI Arga M Nugraha selaku perwakilan BUMN Muda, dan SEVP Change Management & Transformation Office BRI Harsya Wardhana Prasetyo.

Seperti diketahui, sejak diperkenalkan oleh Menteri BUMN Erick Thohir, AKHLAK telah menjadi bagian tak terpisahkan dari budaya kerja dan perilaku sehari-hari di lingkungan Grup BUMN.

Perjalanan implementasi nilai-nilai AKHLAK dimulai dari tahap kesadaran dan pemahaman (Awareness & Understanding), yang melibatkan berbagai kegiatan untuk membangun pemahaman SDM BUMN terhadap perubahan perilaku dan budaya.

Setelah itu, dilakukan tahap intervensi dimana BUMN melakukan upaya perubahan perilaku dan budaya AKHLAK secara terencana. Sekarang, perjalanan AKHLAK memasuki tahap penerimaan dimana seluruh SDM BUMN mendukung perubahan perilaku dan budaya AKHLAK.

Termasuk di antaranya BRI yang mengimplementasikan core values AKHLAK dengan bentuk  menjaring talenta unggul di Indonesia melalui program BRILiaN Future Leader Program (BFLP) yang rutin diadakan setiap tahunnya. Program tersebut merupakan salah satu dari beragam inisiatif BRI dalam mengembangkan SDM, alhasil upaya BRI pun telah diakui oleh berbagai pihak.

Di antaranya, bank dengan jaringan terluas di Indonesia ini meraih penghargaan Best Company to Work for in Asia 2022. Penghargaan ini menjadi kali kedua bagi perseroan mendapatkan apresiasi terhadap komitmennya dalam mengembangkan para karyawannya. Selain itu, BRI juga mendapatkan predikat sebagai Most Caring Companies dalam ajang WE CARE 2022.

“Kami terus menempuh strategi untuk mencapai aspirasi BRI sebagai ‘The Most Valuable Banking Group in Southeast Asia’ dimana salah satu enabler-nya adalah Home to The Best Talent,” pungkasnya.