Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar alias Cak Imin. (Foto: Ist)

JAKARTA, Eranasional.com – Alissa Wahid, putri Gus Dur, sudah memperingatkan kepada bakal cawapres Muhaimin Iskandar (Cak Imin) untuk tidak “menjual” nama ayahnya untuk kepentingan politik. Sepertinya, hal itu tidak digubris Cak Imin.

Sebelum melakukan ziarah ke makam-makan Wali Songo, Cak Imin menyebut nama Presiden RI ke-4 Abdurrahman Wahid alias Gus Dur. Dia menyebut Gus Dur adalah tambahan wali dari Sembilan wali yang dikenal masyarakat selama ini.

“Kita harus menjadi pewaris perjuangan mereka. Dan, wali sembilan ini ditambah satu wali lagi, Gus Dur, Insya Allah menjadi wali yang paling kontekstual karena mengabdikan dirinya untuk bangsa dan rakyatnya,” kata Cak Imin di kantor DPP PKB, Jakarta, Jumat (8/9/2023).

Ketua Umum PKB itu menyebut Wali Songo merupakan puncak dari kewalian di tanah Jawa. Meski begitu, katanya, sebenarnya ada ratusan wali-wali lainnya yang telah mengabdi kepada bangsa Indonesia.

“Menjadikan bangsa ini punya karakter, yang menjadikan bangsa ini tidak terpecah belah. Bayangkan Islam datang masuk dari Arab dengan kekhasannya yang berbeda dengan Jawa tapi tidak berbenturan,” ujarnya.

“Dan akhirnya Islam berkembang tanpa peperangan, tanpa benturan. Memang ada tahapan-tahapan asimilasi yang kuat. Inilah yang menjadi spirit kita ‘Tour de Wali Songo’,” jelas Cak Imin.

Seperti diketahui, Cak Imin telah dideklarasikan berpasangan dengan Anies Baswedan sebagai bakal capres-cawapres oleh Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP).