Sekjen DPP PDIP Hasto Kristiyanto. (Foto: Ist)

JAKARTA, Eranasional.com – PDIP akan menggelar Rapat Kerja Nasional (Rakernas) IV pada 29 September 2023. Berhembus kabar, di tanggal tersebut akan ditentukan figur cawapres Ganjar Pranowo.

Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto mengatakan pada Rakernas nanti akan mengusung tema ‘Membangun Kedaulatan untuk Kesejahteraan Rakyat’.

“Rakernas nanti sebagai bagian dari konsolidasi setelah semua caleg ditetapkan, dan mereka akan bergerak secara door to door, sehingga selama satu setengah bulan terakhir caleg sudah memahami peta di setiap daerah pemilihannya,” kata Hasto di acara Rakerda PDIP Provinsi Banten, Minggu (10/9/2023).

Rakernas yang digelar selama tiga hari nanti, lanjut Hasto, sekaligus memperingati Hari Tani 2023 dengan UU Pokok Agraria.

“Di hari pertama akan membahas soal pangan dan pemberdayaan petani. Bagaimana penggunaan teknologi yang tepat guna bagi kepentingan petani untuk meningkatkan produksi,” jelasnya.

“Bagaimana mengatasi masalah pupuk, irigasi yang lebih baik, ini akan dibahas di hari pertama,” sambung Hasto.

Di hari kedua, kata Hasto, akan ada pembekalan ke caleg PDIP. Dan, di hari ketiga, akan ada pemaparan rekomendasi PDIP dari hasil Rakernas.

Soal apakah akan ada pembahasan cawapres untuk Ganjar, Hasto menyerahkan sepenuhnya kepada Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri. Pastinya, ungkap Hasto, setiap hari Megawati mempertimbangkan kandidat cawapres untuk Ganjar.

“Kalau penggodokan nama cawapres hampir setiap hari dipertimbangkan setiap hari oleh Ibu Megawati. Beliau melihat seluruh konstelasi politik, melihat secara mendalam, bahkan Ibu Mega di dalam tradisi spiritual beliau juga memohon petunjuk dari Yang Maha Kuas untuk mendapatkan pasangan terbaik yang akan mendampingi Pak Ganjar Pranowo,” pungkasnya.