Bakal capres Ganjar Pranowo dan Ridwan Kamil. (Foto: Ist)

JAKARTA, Eranasional.com – Ketua Dewan Pakar Partai Golkar Agung Laksono mengomentari soal munculnya nama Ridwan Kamil (RK) menjadi kandidat cawapres pendamping Ganjar Pranowo.

Nama mantan Gubernur Jawa Barat itu muncul berdasarkan pembahasan para ketua umum partai politik pengusung Ganjar Pranowo yakni PDIP, PPP, Partai Hanura, dan Perindo.

Agung menyebut Golkar tidak bisa melarang Ridwan Kamil jika ingin maju sebagai cawapres Ganjar Pranowo di Pilpres 2024, meski Golkar mendukung Prabowo Subianto.

“Kami tidak mudah melarang orang yang ingin memajukan karir politiknya,” kata Agung di Kota Cirebon, Jawa Barat, Sabtu (9/9) kemarin.

Kalaupun Ridwan Kamil maju sebagai cawapres Ganjar, hal itu bukan keputusan Partai Golkar. Sebagai, Golkar tidak pernah menyodorkan namanya sebagai cawapres untuk mendampingi Ganjar.

“Itu atas nama individu, bukan atas nama partai. Kalau atas nama individu, kita tidak bisa apa-apa. Kalau atas nama partai, kita mengusung Pak Prabowo sebagai capres, bukan Pak Ganjar,” ucapnya.

Sebelumnya, Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto mengungkapkan sejumlah nama kandidat cawapres Ganjar Pranowo yang dibahas dalam pertemuan para ketua umum parpol pendukung, Senin (4/9).

Beberapa nama di sebut berpeluang menjadi cawapres Ganjar di antaranya Ridwan Kami dan Menko Polhukam Mahfud MD.

“Pada saat pertemuan dengan ketua umum parpol pengusung Pak Ganjar Pranowo, PPP mengusulkan Pak Sandiaga Uno. Kemudian dicermati beberapa nama lainnya seperti Pak Mahfud MD, Pak Ridwan Kamil, dan beberapa nama yang disuarakan oleh rakyat dikaji secara mendalam,” kata Hasto.