Timnas Indonesia U-23 lolos ke Piala Asia yang digelar di Qatar tahun 2024. (Foto: Ist/Dok PSSI)

JAKARTA, Eranasional.com – Perserikatan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) di bawah kepemimpinan Erick Thohir menorehkan tinta emas. Untuk pertama kalinya timnas Indonesia U-23 lolos ke Piala Asia yang akan digelar di Qatar 2024 mendatang.

Pujian pun datang dari anggota DPR RI Andre Rosiade. Katanya, keberhasilan ini merupakan sejarah bagi bangsa Indonesia.

“Ini merupakan yang pertama kali bagi timnas Indonesia lolos ke Piala Asia,” kata Andre Rosiade, Rabu (13/9/2023).

Keberhasilan timnas U-23 ini adalah bagian dari target kepemimpinan Erick Thohir, yaitu menciptakan tradisi juara.

Politisi Partai Gerindra ini pun berharap timnas U-23 Indonesia mampu lolos ke delapan besar ajang sepak bola negara-negara benua Asia tersebut yang digelar di Qatar, sehingga secara otomatis lolos ke Olimpiade Prancis 2024.

“Kalau kita lolos ke delapan besar, maka otomatis lolos ke Olimpiade 2024 di Prancis. Ini prestasi yang luar bisa dan kesempatan bagi generasi emas sepak bola kita saat ini,” ujarnya.

Timnas Indonesia U-23 lolos ke Piala Asia U-23 setelah mengalahkan Turkmenistan dengan skor 2-0 yang digelar di Stadion Manahan Solo, Selasa (19/9) malam dan disaksikan langsung oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Presiden Jokowi mengatakan keberhasilan timnas U-23 ini sekaligus sebagai hadiah ulang tahun untuk Menteri BUMN yang juga Ketua Umum PSSI, Erick Thohir.