Bakal pasangan capres-cawapres Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar. (Foto: Instagram/Anies Baswedan)

JAKARTA, Eranasional.com – Lembaga survei Saiful Munjani Research and Consulting (SMRC) merilis hasil survei terbarunya soal elektabilitas capres-cawapres. Hasilnya, duet Ganjar Pranowo-Ridwan Kamil berada di urutan pertama, sedangkan duet Anies Baswedan-Cak Imin (AMIN) berada di posisi terakhir.

Dalam survei tersebut disimulasikan tiga pasangan yakni Anies-Cak Imin, Prabowo Subianto-Erick Thohir dan Ganjar Pranowo-Ridwan Kamil.

Hasil survei, duet AMIN meraih dukungan suara 16,5 persen. Sementara Prabowo-Erick 31,7 persen, dan Ganjar-RK 35,4 persen.

“Masih ada 16,4 persen yang belum jawab,” sebut hasil survei SMRC.

Foto: Tangkapan layar/Twitter Saiful Munjani

Menariknya, sebelum memutuskan berduet dengan Cak Imin dan masih didukung tiga partai yakni Partai Nasdem, Partai Demokrat dan PKS, elektabilitas Anies di angka 20-an persen, atau sama dengan perolehan suara tiga partai pendukungnya itu.

Peraihan 16,4 persen sekarang mencerminkan kekuatan dua partai saja, yaitu Nasdem dan PKB saja.

Pendiri SMRC, Saiful Munjani menilai data ini menunjukkan Anies tidak punya dukungan independen. Pendukungnya adalah pemilih partai pengusung. Anies tidak membawa efek ekor jas.

Foto: Tangkapan layar/Twitter Saiful Munjani

Lanjut Saiful, survei ini juga mengungkapkan hal yang menarik, yaituvalam breakdown dukungan pemilih, pemilih PartaivDemokrat yang bertahan memilih Anies tinggal 22 persen. Artinya pergeseran dukungan pemilih Demokrat dari Anies berlangsung cepat.

Sedangkan Pemilih PKB yang memilih Anies baru 20 persen. Artinya pemilih PKB tidak secara otomatis bergerak mengikuti manuver elitnya. Dilihat dari sisi optimis, ini bisa karena mesin politik yang belum panas.