Klip video lagu Hello Kuala Lumpur. (Foto: Tangkapan layar/Channel YouTube Lagu Kanak TV)

JAKARTA, Eranasional.com – Malaysia berulah lagi. Negeri Jiran itu menjiplak lagu perjuangan Halo-halo Bandung milik bangsa Indonesia di lagi Hello Kuala Lumpur. Nada lagi ini sangat mirip dengan Halo-halo Bandung.

Lagu berjudul Hello Kuala Lumpur itu diunggah melalui kanal YouTube bernama Lagu Kanak TV. Videonya telah diunggah sejak 27 Mei 2020, namun baru mendapatkan perhatian masyarakat Indonesia baru-baru ini.

Pada lagu Hello Kuala Lumpur tersebut hanya mengganti liriknya saja, tapi nadanya sama persis dengan lagi nasional Halo-halo Bandung. Saat ini video lagu Hello Kuala Lumpur telah disaksikan lebih dari 277 orang.

Mengetahui itu, masyarakat Indonesia tidak terima, karena lagi ini menceritakan perjuangan bangsa Indonesia melawan penjajah.

Menanggapi itu, Duta Besar Republik Indonesia di Malaysia Hermono menyatakan pihaknya meminta kepada otoritas Malaysia untuk melacak kanal YouTube tersebut.

“Channel YouTube Lagu Kanak TV itu dikelola dari India. Pertanyaannya, siapa yang buat konten itu? Ini belum bisa dipastikan apakah orang Malaysia yang membuatnya. Pembuat konten bisa saja menggunakan nama apa saja dan dari mana saja,” kata Hermono, Jumat (15/9/2023).

Selain itu, pihak KBRI di Kuala Lumpur juga tengah menyelidiki dan mendalami pemillik akun tersebut. Hermono memastikan, lagu-lagu tersebut tidak pernah diajarkan di sekolah-sekolah di Malaysia.

Sementara itu, Menko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Muhadjir Effendy mengatakan akan memproses dugaan penjiplakan lagu tersebut.

“Nanti kita proses, berkaitan dengan hak cipta,” ujarnya.