Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo bertemu dengan Direktur Jenderal FAO (lembaga pangan PBB), Qu Dongyu di Roma, Italia. (Foto: Instagram/Syahrul Yasin Limpo)

JAKARTA, Eranasional.com – Saat rumah dinasnya digeledah KPK, Kamis (28/9), Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo sedang berada di Roma, Italia.

Hal itu dikatakan Bendahara Partai Nasdem Ahmad Sahroni. Katanya, Yasin Limpo sedang menghadiri forum tentang pangan. Kapan pulang ke Indonesia, Sahroni belum mendapat informasi.

Dilihat dari akun Instagramnya, Mentan Syahrul Yasin Limpo mengunggah foto kegiatannya di Roma.

Dalam unggahan foto tersebut, Yasin Limp menjelaskan dirinya sedang melakukan bilateral dengan Direktur Jenderal FAO (lembaga pangan PBB), Qu Dongyu.

“Saya menggelar pertemuan bilateral dengan Direktur Jenderal FAO, Qu Dongyu, di sela-sela konferensi di Roma, Italia. Kami sepakat untuk memperkuat kerja sama Proyek Selatan-Selatan dan Triangular (KSST),” jelas Yasin Limpo.

Kata dia, kesepakatan ini merupakan bentuk kerja sama antar negara berkembang, khususnya di Asia, Afrika dan Pasifik.

KSST, lanjut dia, merupakan hasil dari pertemuan kelompok kerja pertanian G20 Presidensi Indonesia tahun 2022 lalu.

Yasin Limpo menyatakan optimistis proyek KSST bisa memberi manfaat besar pada pencapaian ketahanan pangan di kawasan Asia-Pasifik. Dia akan terus berkoordinasi dengan perwakilan FAO di Indonesia untuk mengidentifikasi potensi kerja sama dengan berbagai negara.

“Saya juga sampaikan apresiasi atas dukungan konkrit FAO selama lebih dari 40 tahun dalam menghadapi ancaman anomali cuaca, krisis pangan, degradasi lahan, dan hilangnya keanekaragaman hayati, serta penanganan wabah penyakit hewan,” tulis Yasin Limpo.