Mantan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti mengunggah foto dirinya bersama bakal capres Anies Baswedan dan Ganjar Pranowo. (Foto: Instagram/Susi Pudjiastuti)

JAKARTA, Eranasional.com – Bakal capres Anies Baswedan menuding Proyek Strategis Nasional (PSN) merupakan titipan kanan-kiri. Dia minta perlu diluruskan.

“Ketika PSN itu merupakan titipan kanan-kiri, yang dirugikan masyarakat. Ini perlu kita luruskan, sehingga apa yang menjadi kebijakan-kebijakan itu mencerminkan tujuan awal,” kata Anies di acara Rakornas I Partai Masyumi di Oasis Amir Hotel, Senen, Jakarta Pusat, Sabtu (30/9).

Lanjutnya, PSN harus sesuai dengan Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJMN) dan Rencana Pembangunan Jangka Panjang (RPJP), dan sesuai dengan amanat konstitusi UUD 1945.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu mengaku sering menyaksikan kebijakan-kebijakan tanpa tata kelola pemerintah yang benar sehingga tidak berkeadilan bagi seluruh rakyat Indonesia.

“Saya beri contoh, suatu ketika saya ditanya tentang PSN. Saya sampaikan, Proyek Strategis Nasional secara substansi baik-baik saja. Yang menjadi problem dan sering kita alami adalah bagaimana PSN itu disusun,” tuturnya.

Menurut Anies, PSN harus disusun secara transparan melibatkan publik. Bilan tidak, PSN itu rentan menjadi tidak adil bagi masyarakat.

“PSN sering dipahami menjadi jalur cepat merealisasikan proyek pemerintah,” ujarnya.