Presiden Joko Widodo (Jokowi) bertemu dengan Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) di Istana Negara, Bogor, Jawa Barat, Senin (2/10/2023). (Foto: Biro Pers Setpres)

JAKARTA, Eranasional.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) bertemu dengan Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Rumor berkembang, Jokowi akan menempatkan kader Demokrat sebagai Menteri Pertanian (Mentan) menggantikan Syahrul Yasin Limpo yang tengah bermasalah dengan kasus dugaan korupsi.

Rumor ini berkembang diperkuat dengan adanya isu reshuffle kabinet yang terdengar beberapa terakhir ini.

Jokowi dan SBY bertemu di Istana Negara, Bogor, Jawa Barat, Senin (2/10) sore.

Jokowi dinilai berpeluang merombak komposisi Kabinet Indonesia Maju setelah KPK menggeledah kediaman dinas Mentan Yasin Limpo.

Menanggapi itu, Ketua DPR RI Puan Maharani mengatakan perombakan kabinet merupakan hak prerogatif presiden. Katanya, peluang itu terbuka karena ada menteri yang sedang bermasalah dengan hukum.

Atas dasar itu, Ketua DPP PDI tersebut berkeyakinan cepat atau lambat Presiden Jokowi akan mengambil keputusan untuk merombak komposisi menterinya.

“Kalau melihat yang terjadi akhir-akhir ini ada menteri yang sedang bermasalah dengan hukum, maka cepat atau lambat akan terjadi reshuffle,” kata Puan.