Nindy Ayunda dan Dito Mahendra. (Foto: Instagram/Sailormoon)

JAKARTA, Eranasional.com – Bareskrim Polri akan menetapkan tersangka dalam kasus menyembunyikan tersangka kasus senjata api (senpi) illegal, Dito Mahendra. Apakah yang dimaksud adalah orang dekat Dito?

Karo Penmas Divisi Humas Mabes Polri, Brigjen Ahmad Ramadhan menilai Dito tidak seorang diri dalam melakukan aksi pelariannya saat menjadi buronan Polri, diyakini dibantu orang lain.

“Jadi penyidik Direktorat Tindak Pidana Umum Bareskrim Polri masih mengembangkan terhadap tersangka lain. Tersangka lain ini siapa? Pastinya yang turut menyembunyikan saat DM (Dito Mahendra) pada masa pelarian,” kata Ramadhan dalam konferensi pers di Bareskrim Polri, Jakarta, Selasa (3/10).

Apakah calon tersangka itu adalah orang dekat Dito Mahendra? Kata Ramadhan, penyidik masih melakukan penyelidikan secara mendalam sebelum menetapkan tersangka baru.

“Kita masih dalami dugaan menyembunyikan. Apakah orang itu tahu kalau sudara DM ini adalah orang yang dicari polisi,” jelasnya.

Kasus senpi kepemilikan ilegal Dito Mahendra ini terungkap berawal saat KPK melakukan penggeledahan rumah Dito di Jalan Erlangga V No. 20, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, dalam kasus Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU) mantan Sekretaris MA Nurhadi.

Dalam penggeledahan itu, penyidik KPK menemukan 15 senjata api berbagai jenis. Dari hasil penyelidikan Polri, 9 senpi di antaranya tidak berizin alias ilegal.

Nindy Ayunda dan Dito Mahendra. (Foto: Instagram/Sailormoon)

Dito pun ditetapkan sebagai tersangka dugaan pelanggaran Pasal 1 ayat (1) UU No. 12 Tahun 1951.

Nindy Ayunda Diperiksa Polisi

Penyanyi Nindy Ayunda dua kali diperiksa penyidik Bareskrim Polri terkait dugaan menyembunyikan Dito Mahendra, kekasihnya itu. Nindy diperiksa pada tanggal 26 Mei 2023 dan 31 Mei 2023.

Karo Penmas Divisi Humas Polri, Brigjen Ahmad Ramadhan menjelaskan pemeriksaan terhadap Nindy Ayunda terkait kasus dugaan kepemilikan senpi ilegal Dito Ilegal, juga kasus dugaan menyembunyikan Dito.

“Mengambil keterangan dari yang bersangkutan, tentang kepemilikan senpi dan dugaan menyembunyikan Dito Mahendra. Jika memang ada indikasi melindungi,” kata Ramadhan di Bareskrim Polri, Jakarta, Senin (29/5).