Presiden Joko Widodo (Jokowi) bersama Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo. (Foto: Ist/Dok Kementan)

JAKARTA, Eranasional.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengaku dirinya tidak tahu keberadaan Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo (SYL) yang terseret kasus korupsi di Kementerian Pertanian (Kementan).

Menurut Partai Nasdem, partai yang menaungi Yasin Limpo, sang Menteri sedang berobat karena sakit.

“Beliau (SYL) kan di luar, belum kembali ke Indonesia. Ya kita tunggu saja,” kata Jokowi di sela menghadiri acara Inacraft on October 2023 di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Jakarta, Rabu (4/10/2023).

Tak hanya itu, Jokowi juga mengaku dirinya kesulitan menelepon menterinya itu. Dia pun menanyakan siapa yang bisa menelepon Syahrul Yasin Limpo.

“Siapa yang kehilangan kontaknya? Siapa?” tanya Jokowi.

“Ada yang punya nomor teleponnya? Coba dikontak aja, bisa atau tidak,” sambungnya.

Dia pun meminta kepada publik untuk menunggu informasi di mana keberadaan SYL yang konon kabarnya masih berada di luar negeri.

“Ditunggu saja. Memang dari luar negeri belum kembali ke Tanah Air,” pungkas Jokowi.

Hingga kini keberadaan Mentan Syahrul Yasin Limpo belum diketahui pasca penyidik KPK menggeledah rumah dinasnya di Kompleks Menteri Widya Chandra, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Kamis (28/9).

Soal keberadaan Mentan Yasin Limpo yang tidak diketahui, Wakil Ketua KPK Nawawi Pomolango mengatakan pihaknya masih berpikir positif.

“Positive thinking saja, mungkin dia tersesat,” ujarnya, Rabu (4/10).

Kata dia, KPK saat ini masih fokus menuntaskan penyidikan korupsi di Kementerian Pertanian (Kementan). Meski begitu, dia berharap Syahrul Yasin Limpo segera pulang ke Indonesia.