Mantan Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil. (Foto: Ist)

JAKARTA, Eranasional.com – Mantan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menyatakan siap jika ditunjuk menjadi cawapres. Dia mengatakan ini merespon hasil survei Indikator Politik Indonesia yang menyebutkan dirinya menjadi bakal cawapres Ganjar Pranowo terfavorit.

“Jika ada panggilan tadir untuk maju Pilpres 2024, intinya saya harus siap. Apakah dalam kapasitas ditugaskan sebagai kader partai ataupun harus siap jika dipanggil sebagai kapasitas pribadi. Apa pun demi negara harus siap,” kata Ridwan Kamil, Rabu (4/10/2023).

Sebagai informasi, hasil survei Indikator Politik Indonesia menempatkan Ridwan Kami sebagai bakal cawapres dengan elektabilitas tertinggi. Kang Emil, panggilan akrabnya menilai, hasil survei ini tidak muncul begitu saja tapi merupakan akumulasi kerja kerasnya selama mengabdi kepada masyarakat, baik semasa menjadi Wali Kota Bandung dan Gubernur Jawa Barat.

“Hasil survei itu merupakan aspirasi dan harapan masyarakat,” ujarnya.

Meski begitu, Ridwan Kamil menyerahkan keputusannya kepada partai politik, dan yang terbaik untuk bangsa serta negara.

“Di mana saya pernah sebagai Wali Kota Bandung dan Gubernur Jawa Barat, tapi keputusannya kita serahkan kepada pimpinan-pimpinan di partai. Bagaimana yang terbaiknya untuk perjodohan dan untuk ke depannya,” jelas Ridwan Kamil.

Dia menekankan, peta politik sangat dinamis dan masih bisa berubah. Bahkan, menurutnya dinamika yang dinamis itu masih akan terjadi sampai menjelang pendaftaran capres dan cawapres akhir bulan ini.

“Sampai menjelang pendaftaran, saya menduga akan ada banyak hal-hal yang sifatnya dinamis,” imbuhnya.

Ridwan Kamil pun berdoa untuk kebaikan masyarakat Indonesia akan hadir pasangan capres dan cawapres terbaik di Pilpres 2024.