Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo tiba di Bandara Soekarno-Hatta, Cengkareng. (Foto: Ist)

JAKARTA, Eranasional.com – Tiba di Tanah Air, Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo (SYL) langsung pasang barikade menghadapi tuduhan korupsi di Kementerian Pertanian (Kementan).

Begitu tiba di Indonesia, Yasin Limpo langsung bertemu Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh, menunjuk pengacara yang akan membelanya, dan setelah itu akan menghadap Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Kabar kepulangan Yasin Limpo dibenarkan Direktur Jenderal (Dirjen) Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM Silmy Karim.

“Dia (Yasin Limpo) sudah berada di Indonesia,” kata Silmy, Rabu (4/10).

Diberitahunya, Syahrul Yasin Limpo tiba di Bandara Soekarno-Hatta, Cengkareng pukul 18.41 WIB.

“Hasil pemeriksaan Imigrasi dia tiba 18.41 WIB,” ujarnya.

Yasin Limmpo tiba ditemani oleh tiga stafnya, keluar dari Terminal 3 Internasional Bandara Soekarno-Hatta. Dia kemudian menuju parkiran mobil di area T3.

Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo tiba di Bandara Soekarno-Hatta, Cengkareng. (Foto: Ist)

Dari Bandara Soekarno-Hatta, Yasin Limpo ke kantor DPP Partai NasDem di Gondangdia, Jakarta Pusat. Dia menjelaskan duduk permasalahan dugaan korupsi di Kementan kepada Surya Paloh.

Bendahara Umum Partai NasDem Ahmad Sahroni saat ditanya klarifikasi seperti apa yang dilakukan Yasin Limpo kepada Surya Paloh, dia menolak menjelaskan, dengan alasan yang bersangkutan akan menjelaskan sendiri.

“Nanti Pak SYL yang menyampaikannya secara langsung,” kata Sahroni.

Eks Jubir KPK Jadi Pengacara Yasin Limpo

Selain itu, Syahrul Yasin Limpo menunjuk mantan Juru Bicara KPK Febri Diansyah dan mantan pegawai KPK, Rasamala Aritonang, sebagai pengacarnya. Febri menyatakan dirinya telah ditunjuk sebagai pengacara Mentan tersebut di tingkat penyidikan.

“Pak Syahrul Yasin Limpo Menteri Pertanian meminta kami melakukan pendampingan hukum pada tingkat penyidikan,” kata Febri di NasDem Tower, Gondangdia, Jakarta Pusat, Rabu (4/10) malam.

Febri mengaku dirinya sudah bertemu dengan sang Mentan. Dan selanjutnya, dia dan tim akan bekerja memberikan pendampingan hukum kepada SYL di kasus yang telah naik ke tahap penyidikan di KPK ini.

Dia memastikan penanganan perkara korupsi politisi Partai NasDem itu akan berjalan sesuai prosedur.

“Jadi ini adalah tim gabungan yang akan melakukan pendampingan hukum di tingkat penyidikan. Akan memastikan dalam proses penyidikan, prosesnya berjalan prosedural, segala hak yang diatur secara hukum akan dipenuhi,” jelasnya.