Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh (kanan) dan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo. (Foto: Ist/Antara)

JAKARTA, Eranasional.com – Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh memerintahkan salah satu kadernya, Syahrul Yasin Limpo (SYL), mundur dari jabatan sebagai Menteri Pertanian (Mentan) seiring diusutnya kasus dugaan korupsi di Kementerian Pertanian (Kementan).

Untuk itu, Paloh meminta SYL untuk segera menghadap Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan mengajukan pengunduran diri.

“Saya sudah menerima laporan dari Bung Syahrul. Atas nama DPP Partai NasDem, saya menyatakan segera menghadap Bapak Presiden, dan sampaikan surat pengunduran diri sebagai Menteri Pertanian,” kata Surya Paloh di NasDem Tower, Jakarta, Kamis (5/10/2023).

Adapun alasan Surya Paloh meminta SYL mundur dari jabatan Mentan agar lebih fokus menghadapi proses hukum di KPK.

“Sebagai penghormatan terhadap upaya penyidikan yang sedang berlangsung terhadap dirinya, sekaligus agar lebih berkonsentrasi menghadapi proses hukumnya,” tegasnya.

SYL Lapor ke Polda Metro Jaya

Diberitakan sebelumnya, Syahrul Yasin Limpo membuat laporan ke Polda Metro Jaya dalam kasus dugaan pemerasan. Dia diperiksa selama tiga jam.

“Saya mengalami kelelahan akibat menjalani pemeriksaan cukup lama,” kata SYL.

SYL mengaku sudah menyampaikan semuanya dan secara terbuka. Namun, dia tidak menjelaskan secara detail dugaan pemerasan yang dimaksud.

Bererdar kabar menyebutkan salah satu pimpinan KPK diduga melakukan pemerasan pada SYL pada tahun 2022 sebelum perkara dugaan korupsi di Kementan diusut KPK.