Pembangunan jalan di era Jokowi. (Foto: Ist)

JAKARTA, Eranasional.com – Dalam kurun waktu delapan tahun sejak 2016 hingga Oktober 2023, pemerintah telah merampungkan sebanyak 170 proyek strategis nasional (PSN).

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian (Menko Perekonomian) Airlangga Hartarto mengatakan itu usai mengikuti rapat terbatas (ratas) yang dipimpin Presiden Jokowi di Istana Merdeka, Jakarta, Kamis, 5 Oktober 2023.

Kata dia, dilaporkan ke Presiden Jokowi bahwa sampai dengan 4 Oktober 2023 telah diselesaikan 170 proyek PSN dengan nilai investasi sebesar Rp 1.299,41 triliun dan 61 proyek dalam tahap konstruksi.

Proyek-proyek tersebut tersebar di sejumlah sektor. Di antaranya pembangunan infrastruktur konektivitas seperti pelabuhan, tol, kereta api, hingga bandar udara.

Peningkatan ketahanan energi; pengembangan kawasan dan hilirisasi industri; penyediaan infrastruktur dasar seperti sistem penyediaan air minum (SPAM), bendungan, irigasi, dan jaringan telekomunikasi; serta sektor lainnya seperti teknologi, perkebunan, pendidikan, dan pariwisata.