Ilustrasi UMKM. (Foto: Ist/Dok BRI)

TULUNGAGUNG, Eranasional.com – Festival UMKM Level Up digelar di Desa Betak, Kecamatan Kalidawir, Tulungagung, Jawa Timur sejak Kamis (5/10) telah ditutup.

Festival UMKM Level Up yang ini dibalut dengan kegiatan seni dan budaya digelar tiga malam berturut-turut dan ditutup dengan penampilan grup campursari Guyon Maton Cak Percil Cs.

Dalam sambutannya, Wakil Ketua Komisi VI DPR RI Sarmuji mengajak masyarakat untuk bergotong royong saling membantu untuk meningkatkan ekonomi masyarakat dengan cara membeli produk ke tetangga.

“UMKM tidak bisa berjalan sendiri, perlu support system agar terus berdaya. Jika masyarakat kompak, saya yakin ekonomi kita akan semakin baik,” kata Sarmuji dalam keterangan tertulis, Minggu (8/10/2023).

“Jangan beli sabu saja ke mal, padahal tetangganya jualan sabun,” sambungnya.

Bahkan, kata Sarmuji, kalau perlu jika ingin beli beras langsung dari petani atau penggilangan padi.

Ia pun memberikan apresiasi kepada relawan yang sudah secara berkala menyelenggarakan festival UMKM ini. Sarmuji pun berharap di era digitalisasi seperti sekarang UMKM mendapatkan support maksimal dari negara. Menurutnya, hal ini penting sehingga UMKM bisa bertahan dan memperluas pasar yang lebih besar.

“Hari ini UMKM bertaruh sendiri di tengah dunia digital. Jika tidak di-support mereka akan tertinggal. Festival semacam ini bermaksud untuk membantu mereka dalam memutar modal sambil kita siapkan mereka untuk membangun dunia digital agar bisa memperluas pasanya,” pungkas Sarmuji.