Viral foto Ketua KPK Firli Bahuri bertemu dengan mantan Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo. (Foto: Ist)

JAKARTA, Eranasional.com – Ketua KPK Firli Bahuri Firli Bahuri menanggapi soal viral foto dirinya bertemu dengan mantan Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo (SYL) di lapangan bulu tangkis.

Firli mengatakan pertemuan dirinya dengan SYL terjadi pada Maret 2022, jauh sebelum KPK melakukan penyelidikan kasus dugaan korupsi di Kementerian Pertanian (Kementan).

“Pertemuan itu di lapangan bulu tangkis antara saya dengan Menteri Pertanian saat itu, saudara Syahrul Yasin Limpo, sekitar tanggal 2 Maret 2022,” kata Firli, Senin (9/10/2023).

Dia menyatakan, saat bertemu dengan SYL, di sekelilingnya ramai dengan orang lain. Dan, Firli menekankan, status SYL saat itu belum menjadi pihak yang berperkara di KPK.

“Pertemuan itu juga bukan atas inisiasi atau undangan saya ya,” jelas Firli.

Firli meminta masyarakat untuk tidak tergiring oleh opini pertemuan dirinya dengan SYL yang tujuannya untuk mengaburkan penanganan kasus korupsi di Kementan yang sedang diusut KPK.

“Kami berharap masyarakat tidak tergiring opini-opini yang tidak sesuai fakta dan dapat mengaburkan pokok perkara yang sedang KPK tangani, yaitu tindak pidana korupsi di Kementerian Pertanian berupa pemersan dalam jabatan, gratifikasi, dan TPPU,” tuturnya.

Beredarnya foto Firli Bahuri bersama SYL itu saat ini menuai kontroversi di tengah kasus dugaan pemerasan yang dilakukan pimpinan KPK kepada SYL yang tengah diusut oleh Polda Metro Jaya.

Kasus tersebut kini sudah naik ke tingkat penyidikan. Polisi akan menyelidiki lebih lanjut foto pertemuan Firli dan SYL untuk memastikan ada atau tidaknya peristiwa pemerasan.