Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto. (Foto: Ist/Dok Seskab RI)

JAKARTA, Eranasional.com – Politisi Zulfan Linda berkeyakinan Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan mendukung Prabowo Subianto pada Pilpres 2024. Dia membeberkan tanda-tanda pemberian dukungan Jokowi kepada Ketua Umum Partai Gerindra tersebut.

Tanda pertama yaitu pada Juni 2022, relawan Pro Jokowi (Projo) mendeklarasikan diri mendukung Prabowo. Sejak saat itu, rumor Jokowi akan mendukung mulai berkembang.

Untuk diketahui, Ketua Umum Projo Budi Arie Setiadi pada 17 Juli 2023 dilantik Presiden Jokowi menjadi Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) menggantikan Johnny G Plate yang terjerat kasus korupsi proyek BTS 4G BAKTI Kemenkominfo.

Tanda kedua Jokowi hadir pada Rapimnas Solidaritas Ulama Muda Indonesia (Samawi). Pada Sabtu (7/10/2023) pagi lalu. Kemudian, pada malam harinya, Samawi mendeklarasikan diri mendukung Prabowo di Pilpres 2024.

“Kemarin Rapimnas Samawi dibuka oleh Pak Jokowi. Ini kader ulama muda Jokowi loh. Selesai acara, Samawi mendeklarasikan diri mendukung Prabowo. Artinya sudah jelas, mereka minta izin terlebih dahulu ke Jokowi untuk dukung Prabowo,” ujar Zulfan Linda di sebuah acara diskusi, Rabu (11/10/2023).

Tanda selanjutnya adalah putra bungsunya, Kaesang Pangarep menjadi Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI).

PSI sendiri adalah partai yang paling loyal dengan Presiden Jokowi jika dibandingkan dengan partai koalisi pemerintahan Jokowi-Ma’ruf Amin.

“Dulu enggak yakin Kaesang akan menjadi Ketua Umum PSI. Ternyata kenyataannya, jadi kan. PSI ini agak berseberangan dengan PDIP, dan Kaesang sekarang menjadi ketua umumnya,” pungkas Zulfan Lindan.