Ganjar Pranowo dan Mahfud MD akan mendaftarkan diri sebagai pasangan capres-cawapres pada Pemilu 2024. (Foto: Ist/Antara)

JAKARTA, Eranasional.com – Pasangan bakal capres-cawapres Ganjar Pranowo dan Mahfud MD akan mendaftarkan diri ke KPU, Kamis (19/10/2023).

Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto mengatakan sebelum ke KPU seluruh elit dari partai politik dan relawan akan berkumpul di Monumen Proklamasi.

Hasto pun meminta maaf kepada masyarakat jika saat melakukan pendaftaran terjadi kemacetan.

“Kami sebelumnya menyampaikan permohonan maaf kepada masyarakat apabila besok terjadi kemacetan,” kata Hasto di kantor DPP PDI, Jalan Diponegoro, Jakarta Pusat, Rabu (18/10/2023).

Meski begitu, lanjut Hasto, pihaknya akan berupaya agar kegiatan besok berjalan lancar sehingga tidak terjadi kemacetan yang parah.

Lalu, Hasto menjelaskan soal dipilihnya Monumen Proklamasi sebagai titik keberangkatan, karena pasangan Ganjar-Mahfud ingin menjadi penerus Soekarno-Hatta yang telah membawa Indonesia ke gerbang kemerdekaan.

“Tema yang kita angkat di kegiatan besok ‘Kokoh di Dalam Kultur dan Jati Diri Bangsa’.

Diberitahunya, acara di Monumen Proklamasi dirancang oleh para seniman dan budayawan. Namun dia tidak memberitahu rangkaian acara yang akan digelar.

“Yang penting harus berjalan khidmat, kokoh dalam jati diri kebudayaan bangsa, dan akan ada beberapa element of surpriae yang ditampilkan di dalam acara nanti,” tuturnya.

Ia memastikan, usai mendaftarkan diri, Ganjar-Mahfud tidak akan melakukan orasi di depan kantor KPU, karena taat pada ketentuan yang dibuat oleh KPU.