SKCK Menteri BUMN Erick Thohir. (Foto: Ist)

JAKARTA, Eranasional.com – Menteri BUMN Erick Thohir ketahuan membuat Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) yang merupakan syarat menjadi capres-cawapres. Apakah Erick akan menjadi cawapres Prabowo?

Menanggapi itu, Ketua Fraksi PAN DPR RI Saleh Daulay mengatakan tidak ada yang salah jika Erick Thohir membuat SKCK.

“Manfaat SKCK banyak. Jadi enggak ada salahnya membuat. Karena ada masa berlakunya, bisa juga untuk disimpan kalau sewaktu-waktu diperlukan, enggak repot ngurus lagi,” kata Saleh Daulay, Rabu (18/10/2023).

Soal SKCK Erick Thohir sebagai persiapan menjadi cawapres Prabowo, menurutnya tidak perlu dipersoalkan dan merupakan hal yang biasa.

Lagipula, kata Saleh, hingga kini peluang Erick Thohir menjadi cawapres Prabowo masih terbuka. Dia berpendapat, lebih baik ‘sedia payung sebelum hujan’.

“Pak Erick masih memiliki peluang. Selama peluang jadi cawapres terbuka, ya tidak perlu kita pertanyakan soal mengurus SKCK dan kelengkapan berkas lainnya. Ibarat pepatah, sedia payung sebelum hujan. Kalau nanti diperlukan sudah ada,” imbuhnya.

Sebagai informasi, Pengadilan Negeri (PN) Jaksel telah mengeluarkan surat keterangan (suket) tidak pernah sebagai terpidana untuk beberapa elit politik, yaitu Ganjar Pranowo, Anies Baswedan, Muhaimin Iskandar, Erick Thohir, dan Yusril Ihza Mahendra.

“Kami sudah membuat surat yang dimaksud. Ada Pak Ganjar, Pak Anies, Pal Erick, Pak Yusril, Pak Muhaimin. Tidak ada biaya, gratis,” kata pejabat Humas PN Jaksel, Djuyamto, Rabu (18/10/2023).