Bakal capres-cawapres Ganjar Pranowo dan Mahfud MD mendaftarkan diri ke kantor KPU Pusat, Jalan Imam Bonjol, Jakarta Pusat, Kamis (19/10/2023). (Foto: Ist/Dok PDIP)

JAKARTA, Eranasional.com – Bakal capres-cawapres Ganjar Pranowo dan Mahfud MD telah mendaftarkan diri ke KPU, Kamis (19/10). Ketua KPU Hasyim Asy’ari menyatakan berkas keduanya dinyatakan lengkap dan selanjutnya akan diverifikasi.

Ganjar dan Mahfud datang ke kantor KPU di Jalan Imam Bonjol, Jakarta Pusat, didampingi oleh Tim Pemenangan Nasional (TPN), partai-partai politik pendukung dan para relawan.

Hasyim Asy’ari mengatakan yang memiliki kewenangan capres-cawapres adalah partai politik atau gabungan partai politik kepada KPU dengan menyerahkan dokumen persyaratan.

“Ketika pendaftaran ukurannya hanya satu, apakah dokumennya lengkap atau belum .

lengkap,” kata Hasyim Asy’ari

“Dan, setelah kita cek, dokumennya dinyatakan lengkap,” sambungnya.

Seperti Anies Baswedan dan Cak Imin, selanjutnya dokumen atau berkas-berkas Ganjar dan Mahfud akan diverifikasi dan divalidasi keabsahannya oleh KPU.

“Tahap berikutnya adalah verifikasi atau penelitian administrasi. Apakah dokumennya sudah benar dan sah. Kalau nanti ada hal-hal yang belum benar atau belum sah, akan ada kesempatan untuk dipenuhi dalam jangka waktu yang ditentukan,” tuturnya.