Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto dan Menteri BUMN Erick Thohir. (Foto: Instagram/Erick Thohir)

JAKARTA, Eranasional.com – Lembaga Survei Indonesia (LSI) merilis survei terbaru elektabilitas capres-cawapres 2024. Dipasangkan dengan siapa pun juga, Prabowo Subianto akan mengalahkan Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan.

Survei ini digelar tanggal 2-8 Oktober 2023 dengan jumlah responden 1.620 orang dengan target populasi survei yaitu warga negara Indonesia (WNI) berusia minimal 17 tahun atau sudah menikah.

Survei dilakukan sebelum pendaftaran capres-cawapres, juga sebelum putusan Mahkamah Konstitusi (MK) soal batas usia capres-cawapres.

Pemilihan sampel dilakukan melalui multistage random sampling. Quality control terhadap hasil wawancara dilakukan secara random 20% dari total sampel oleh supervisor dengan kembali mendatangi responden terpilih.

Survei dilakukan dengan wawancara tatap muka dengan pewawancara yang terlatih. Dan, margin of error sekitar 2,5% dengan tingkat kepercayaan 95%.

Peneliti LSI Djayadi Hanan memaparkan dari hasil simulasi dengan tiga cawapres yang dipasangkan dengannya, maka Prabowo selalu unggul dari Ganjar maupun Anies.

“Dipasangkan dengan Erick Thohir (Menteri BUMN) akan unggul cukup signifikan dari Ganjar-Mahfud dan Anies-Cak Imin,” kata Djayadi, Kamis (19/10/2023).

Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto dan Menteri BUMN Erick Thohir. (Foto: Instagram/Erick Thohir)

“Begitu juga jika dipasangkan dengan Khofifah Indar Parawangsa (Gubernur Jawa Timur) atau Gibran (Wali Kota Soli) tetap unggul, tapi tipis,” sambungnya.

Dia menyebutkan, jika dipasangkan dengan Khofifah atau dengan Gibran, maka raihan Prabowo berada di angka 36%, diikuti Ganjar-Mahfud 33%, dan Anies-Cak Imin 23,5%.

“Jadi, dengan siapa pun dipasangkan, Prabowo akan menang. Tapi dengan Erick Thohir keunggulannya cukup signifikan. Kalau dengan Khofifah atau Gibran keunggulannya tipis,” ujarnya.

Djayadi kembali menegaskan, survei ini dilakukan sebelum putusan MK soal batas usia capres-cawapres.

“Survei ini belum memperhitungkan reaksi publik terhadap putusan MK. Bisa saja angka-angkanya berubah kalau survei dilakukan setelah putusan MK,” jelas Djayadi.

Berikut elektabilitas simulasi 3 pasangan capres-cawapres versi survei LSI:

Simulasi Pertama

Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto dan Menteri BUMN Erick Thohir. (Foto: Instagram/Erick Thohir)

– Prabowo Subianto-Erick Thohir 38%

– Ganjar Pranowo-Mahfud MD 32,3%

– Anies Baswedan-Cak Imin 22,9%

– Tidak Tahu/Tidak Jawab 6,9%

Simulasi Kedua

– Prabowo Subianto-Khofifah 36,3%

– Ganjar Pranowo-Mahfud MD 33%

– Anies Baswedan-Cak Imin 23,4%

– Tidak Tahu/Tidak Jawab 7,3%

Simulai Ketiga

– Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka 36%

– Ganjar Pranowo-Mahfud MD 33,1%

– Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar 23,5%

–  Tidak Tahu/Tidak Jawab 7,4%.