Presiden Jokowi. (Foto: Staf Kepresidenan)

Pasalnya, perang antara Israel dengan Hamas di Gaza telah memakan korban jiwa yang tidak sedikit.

“Untuk bersama-sama tidak hanya mengecam tapi juga mendesak Israel segera menghentikan serangan ke Gaza. Sudah terlalu banyak korban,” kata dia.

Sebelumnya, Jokowi menyatakan Indonesia mengecam keras tindak kekerasan yang terjadi di Gaza, Palestina, karena telah mengakibatkan penderitaan dan semakin banyaknya korban sipil, termasuk perempuan dan anak.

Indonesia juga mengutuk keras serangan bom Israel terhadap RS Al Ahli di Gaza yang menewaskan ratusan warga sipil. Menurut Presiden Jokowi, serangan tersebut jelas melanggar hukum internasional.

“Indonesia juga mengutuk serangan Israel terhadap Rumah Sakit AL Ahli. Ini jelas pelanggaran terhadap hukum humaniter internasional,” kata Jokowi dalam keterangan persnya di sela-sela kunjungan kerja di Riyadh, Arab Saudi, Kamis, 19 Oktober 2023.

Jokowi lantas memerintahkan Menteri Luar Negeri Retno Marsudi untuk hadir dalam pertemuan luar biasa para menteri Organisasi Kerja Sama Islam (OKI) di Jeddah kemarin. Kepala Negara juga memerintahkan agar evakuasi WNI terus diupayakan.
“Serta untuk terus mengupayakan evakuasi WNI yang saat ini masih terkendala kondisi lapangan,” kata Jokowi.***