Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka menerima dukungan menjadi cawapres Prabowo Subianto di Rapimnas Partai Golkar, Sabtu (21/10/2023). (Foto: Instagram/Airlangga Hartarto)

JAKARTA, Eranasional.com – Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka hingga saat ini masih tercatat sebagai kader PDIP. Tapi, hati dan kebatinannya sudah tidak sreg. Hal itu dikatakan Direktur Politik Parameter Indonesia (PPI) Adi Prayitno.

“Secara hati dan batinnya Gibran sudah bukan PDIP. Apalagi sudah diusulkan Golkar jadi cawapres Prabowo,” kata Adi, Minggu (22/10/2023).

Dia berkeyakinan, sebelum datang ke acara Rapimnas Golkar, Sabtu (21/10) kemarin, Gibran lebih dulu konsultasi ke ayahandanya, yakni Presiden Joko Widodo (Jokowi).

“Pasti berkoordinasi dengan ayahnya. Kubu Prabowo sering dinilai tegak lurus ke Jokowi dibandingkan dengan PDIP,” ujarnya.

Menurut dia, jika benar menjadi cawapres Prabowo, maka akan terjadi konfrontasi terbuka antara Jokowi dan Gibran dengan PDIP. “PDIP akan kehilangan Gibran, bahkan juga Jokowi. Ini konfrontasi terbuka dengan PDIP,” ucap Adi.

Golkar Dukung Gibran

Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto menyatakan partainya mendukung dan mengusulkan Gibran Rakabuming Raka sebagai cawapres Prabowo Subianto di Pilpres 2024.

Kata Airlangga, hal ini telah sesuai dengan keputusan Rapimnas Partai Golkar, Sabtu (21/10) kemarin. “Berdasarkan pertemuan dengan para Ketua DPD Golkar se-Indonesia, kami mengusulkan Mas Gibran sebagai cawapres Pak Prabowo,” kata Airlangga.

Gibran yang di acara Rapimnas Partai Golkar tersebut mengucapkan terima kasih. “Terima kasih keluarga besar Golkar. Saya sangat mengapresiasi hasil rapimnas ini,” ujar Gibran.

“Untuk selanjutnya kita akan berkoordinasi dengan Pak Prabowo,” sambung Gibran.