Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka saat bertemu Ketua DPP PDIP Puan Maharani dan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri. (Foto: Instagram/Puan Maharani)

JAKARTA, Eranasional.com – Wali Kota Solo yang juga putra sulung Presiden Jokowi, Gibran Rakabuming Raka resmi jadi cawapres Prabowo Subianto. Menyikapi itu, seluruh menteri asal PDIP dikabarkan akan mengundurkan diri dari kabinet.

Saat dikonfirmasi kebenaran kabar tersebut, Ketua DPP PDIP Puak Maharani mengatakan dirinya belum dapat memastikan kebenaran kabar tersebut. Menurut dia, jabatan menteri merupakan hak prerogatif presiden.

“Itu baru sebatas isu namanya,” kata Puan saat ditemui di acara silaturahmi dengan Gus dan Ning di Grand City Surabaya, Jawa Timur, Minggu (22/10/2023).

Menurut Puan, jika Presiden Jokowi masih percaya dengan menteri asal PDIP, maka wajib untuk menuntaskan jabatannya hingga selesai.

“Kalau presidennya masih percaya, maka menteri-menterinya wajib menuntaskan dan membantu presiden bekerja di kabinet,” ujarnya.

Diberitakan sebelumnya, Ketua Umum Partai Gerindra yang juga bakal capres, Prabowo Subianto, secara resmi mengumumkan Gibran Rakabuming sebagai cawapres yang akan berduet dengan dirinya di Pilpres 2024.

Prabowo mengumumkan cawapresnya dipercepat sehari dari yang sebelumnya direncanakan, Senin (23/10).

Menteri Pertahanan (Menhan) ini mengumumkan Minggu (22/10) malam, usai rapat dengan seluruh ketua umum partai politik di Koalisi Indonesia Maju (KIM).

“Baru saja Koalisi Indonesia Maju yang terdiri dari delapan partai politik, yang dihadiri lengkap oleh ketua umum masing-masing dan sekjen, kita telah berembug secara final, secara konsesus, seluruhnya sepakat mengusung Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka sebagai calon presiden dan calon wakil presiden dari Koalisi Indonesia Maju untuk 2024-2029,” kata Prabowo dalam jumpa pers di kediamannya di Jakarta, Minggu (22/10/2023).