Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan bacapres Ganjar Pranowo menggandeng Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri di acara Rakernas PDIP pada 29 September 2023 lalu. (Foto: Ist)

JAKARTA, Eranasional.com – Viral video Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri menghempaskan tangan Presidèn Joko Widodo (Jokowi). Diyakini, hal itu sebagai tanda hubungan keduanya sedang tidak baik.

Momen itu terjadi saat Rapat Kerja Nasional (Rakernas) PDIP pada 29 September 2023 lalu.

Dalam video tersebut, Megawati tampak dituntun menuruni tangga oleh bakal capres 2024 Ganjar Pranowo dan Presiden Jokowi. Terlihat Jokowi berada di sebelah kanan Megawati, dan Ganjar berada di sebelah kiri. Keduanya menggandeng tangan Megawati.

Begitu selesai menuruni tangga, Megawati seakan-akan menghempaskan tangan Jokowi. Sementara dia membiarkan Ganjar tetap menggandengnya.

Video itu pun viral dan menjadi bahan perbincangan di media sosial. Banyak warganet menilai sikap Megawati itu sebagai tanda awal mula renggangnya hubungannya dengan Jokowi.

Dibantah TPN Ganjar-Mahfud

Wakil Ketua TPN Ganjar-Mahfud, Andi Gani Nena Wes membantah ketidakharmonisan hubungan Megawati dengan Jokowi. Katanya, tidak mungkin Megawati sengaja menghempaskan tangan Jokowi setelah dituntun menuruni tangga.

“Saya mengenal Bu Megawati sudah puluhan tahun karena ayahanda saya, Pak Jacob Nuwa Wea bersahabat dekat dengan beliau. Dari gesturnya, Ibu Megawati senyum dan nyaman saat digandeng Pak Jokowi dan Pak Ganjar. Tidak mungkin Ibu Megawati sengaja menghempaskan tangan Presiden Jokowi,” kata Andi Gani, Rabu (25/10/2023).

Menurut dia hubungan Megawati dengan Jokowi sudah seperti ibu dan anak. Kata Andi Gani, Megawati pasti tidak akan mau digandengan oleh Jokowi sejak awal jika hubungan keduanya sedang tidak baik.

“Hubungan Ibu Megawati dengan Pak Jokowi seperti anak dan ibu. Saya sudah melihat berkali-kali video itu. Kalau Ibu Megawati tidak mau digandeng Pak Jokowi, pasti sejak awal turun tangga akan menolak digandeng, tapi ini kan tidak,” ujarnya.