JAKARTA, Eranasional.com – Panglima TNI Laksamana Yudo Margono menyatakan dirinya pada 26 November 2023 akan memasuki masa pensiun. Siapa yang akan menggantikannya?

Perihal itu, Yudo menyatakan tidak tahu dan dirinya tidak mau berandai-anda masa jabatannya akan diperpanjang.

“Yang jelas, saya akan pensiun di 26 November ini,” kata Yudo di sela-sela acara turnamen badminton KSAD Cup 2023 di Gelora Bung Karno (GBK), Senayan, Jakarta Pusat, Minggu (29/10/2023).

Menurut dia, merupakan hak prerogatif Presiden Jokowi untuk memperpanjang atau tidak masa jabatannya sebagai Panglima TNI.

Di sisi lain, lanjut Yudo, para kepala Staf TNI baik di matra Darat, Laut, dan Udara telah memahi kerja-kerja dan tugas Panglima TNI.

“Tentunya tinggal melanjutkan saja,” ucap Yudo.

Mengenai apa yang akan dilakukannya setelah pensiun sebagai Panglima TNI, Yudo menyebut sebagai anak petani dirinya akan bertani. Namun, dia belum memutuskan apakah akan menekuni pertanian organik atau modern.

“Aku kan anaknya petani, ya balik lagi bertani. Setelah pensiun aku akan bertani,” ujarnya.

Beberapa waktu lalu, Presiden Jokowi menanggapi soal isu perpanjangan masa jabatan Panglima TNI Laksamana Yudo Margono. Hal itu terkait dengan digugatnya batas usia Panglima TNI ke Mahkamah Konstitusi (MK).

Menurut Presiden Jokowi, semuanya masih dalam proses. “Masih dalam proses,” jelas Jokowi saat mengunjungi Pasar Jatinegara, Jakarta Timur, Selasa (19/9/2023). (*)