MAKASSAR, Eranasional.com – Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman berkomitmen akan memberikan gaji dan tunjangannya ke anak yatim piatu.

Amran mengatakan itu pada acara makan malam bersama di Gedung AAS Building di Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel), Sabtu (28/10/2023).

“Pada kesempatan ini saya menyampaikan bahwa gaji dan tunjangan yang saya dapat sebagai menteri akan saya serahkan kepada anak yatim piatu. Itu komitmen saya,” kata Andi Amran, saat menyampaikan sambutan.

Pernyataan itu direspon riuh oleh tamu yang hadir, yaitu sekitar 1.500 orang yang terdiri dari keluarga, jajaran dari Kementan, kerabat dan pengurus Ikatan Alumni Universitas Hasanuddin (IKA Unhas).

Hadir juga di acara itu sekitar 300 anak yatim piatu yang diundang secara khusus.

Di kesempatan itu juga Amran memaparkan permasalahan pangan dan krisis energi.

“Kita harus menjaga ketahanan pangan, karena bila terjadi krisis pangan akan melompat menjadi krisis politik,” ujar Amran.

Katanya, sekarang ini banyak negara yang menahan bantuan atau ekspornya seperti India karena menjaga stabilitas pangan di negaranya sendiri.

Di Indonesia, lanjut Amran, sedang mengalami el Nino kemarau panjang yang mempengaruhi produksi.

“Alhamdulillah kita mendapat berkah karena beberapa hari belakagnan ini Kalimantan, Sulawesi dan Sumatera sudah mulai hujan,” pungkas Amran. (*)