JAKARTA, Eranasional.com – Wakil Ketua Umum PAN Viva Yoga Mauladi mengungkapkan penyebab Prabowo Subianto tidak jadi berpasangan dengan Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar atau Cak Imin.

Kata Viva, Menteri Pertahanan (Menhan) RI itu mendapatkan saran dari beberapa kiai khos.

“Alhamdulillah Pak Prabowo tidak jadi berpasangan dengan Cak Imin atas nasihat dan arahan beberapa kiai khos,” kata Viva Yoga, Selasa (31/10/2023).

Intinya, Viva Yoga menyebut Cak Imin bukan jodohnya Prabowo. Keduanya kini sudah punya pasangan masing-masing.

“Kalau bukan jodoh mau apa lagi. Ada saja jalan yang menyebabkan tidak bisa menjadi satu. Berpisah untuk mendapatkan jodohnya masing-masing,” ucap Viva Yoga.

Justru, lanjut Viva Yoga, Prabowo bersyukur karena mendapatkan pasangan yang muda dan energik. Dengan begitu peluang untuk menang semakin besar.

“Pak Prabowo justru mendapatkan pasangan yang lebih muda, energik, yang bibit bobotnya tidak diragukan lagi. Dengan demikian usaha dan harapan menang akan semakin besar di Pilpres 2024 mendatang,” pungkasnya.

Viva Yoga mengungkapkan fakta ini menanggapi klaim Cak Imin yang menceritakan latar belakang dirinya dan PKB bergabung dengan Koalisi Perubahan bersama Partai NasDem dan PKS. Cak Imin menyebut dirinya mendapat masukan dari sejumlah kiai untuk berpasangan dengan Anies Baswedan pada Pilpres 2024.

Saran itu lalu diikuti oleh Cak Imin yang pada akhirnya dia berpasangan dengan Anies Baswedan sebagai capres-cawapres, dan bersyukur tak jadi berkoalisi dengan koalisi sebelumnya.

“Ini karena saya taat kepada perintah para kiai, para ulama. Alhamdulillah saya enggak jadi koalisi sama yang satunya,” ujar Cak Imin. (*)