JAKARTA, Eranasional.comAnies Baswedan menyerukan masyarakat untuk mengikuti Aksi Bela Palestina yang akan digelar di Monumen Nasional (Monas), Gambir, Jakarta Pusat, pada Ahad, 5 November 2023. Menurut Anies, soal Palestina merupakan masalah semua pihak.

“Mari bersolidaritas,” kata Anies dalam keterangan yang dia bagikan di Instagram, Sabtu, 4 November 2023.

“Bayangkan bila semua pemuka agama di Indonesia mengajak untuk mendoakan Palestina. Bayangkan doa ratusan juta rakyat Indonesia menggetarkan dunia,” kata mantan Gubernur Jakarta itu dalam pernyataan yang sama.

Aksi Damai Bela Palestina akan digelar oleh sejumlah elemen masyarakat yang tergabung dalam Aliansi Rakyat Indonesia. Unjuk rasa tersebut rencananya bakal berlangsung sejak pagi pukul 06.00 WIB hingga 10.00 WIB. Dalam kegiatan itu akan ada sejumlah orasi dari para tokoh-tokoh lintas agama.

“Aliansi Rakyat Indonesia yang terdiri dari lintas agama, lintas ormas, lintas golongan, diundang mengikuti aksi bela Palestina,” kata Ketua MUI Bidang Hubungan Luar Negeri dan Kerja Sama Internasional Sudarnoto Abdul Hakim dalam konferensi pers di Jakarta, Kamis, seperti dilansir Antara.

Serangan Hamas di Israel Selatan pada 7 Oktober 2023, memicu eskalasi paling berdarah dalam konflik Palestina-Israel selama bertahun-tahun. Israel meresponsnya dengan agresi militer yang mengakibatkan ribuan warga sipil.

Ketua MUI Bidang Dakwah dan Ukhuwah Cholil Nafis mengatakan Aksi Bela Palestina ini merupakan rangkaian aksi yang telah dilakukan sebelum-sebelumnya. Menurutnya, aksi ini juga sebagai respons dari aksi-aksi serupa yang berlangsung di sejumlah negara-negara lain di dunia. Indonesia, kata dia, sama-sama ikut menentang agresi Israel.