JAKARTA, Eranasional.com – Majelis Ulama Indonesia (MUI) mengirimkan bantuan sebesar Rp25 miliar untuk warga Palestina. Bantuan dikirimkan Senin (6/11) kemarin.

Bendahara Umum MUI Misbahul Ulum mengatakan salah satu bantuan yang disalurkan merupakan hasil donasi pada Aksi Bela Palestina, Minggu (5/11, sebesar Rp2 miliar.

“Alhamdulillah, dengan keterbatasan waktu, melalui acara kemarin dapat sekitar Rp2 miliar,” ujar Misbahul.

Selain bantuan dari donasi, MUI juga menyalurkan bantuan yang telah dihimpun sebelumnya senilai Rp23 miliar. Dengan begitu, total yang diserahkan MUI utnuk warga Palestina sebesar Rp25 miliar.

Misbahul menjelaskan, penyaluran bantuan dari MUI nantinya akan menggunakan saluran resmi pemerintah. Baik melalui Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) RI maupun melalui Badan Amil Zakat Nasional (Baznas).

“Terkait masalah penyaluran kita tentu tidak ingin bermasalah, kita tidak ingin salah di dalam menyalurkan, atau salah sangkaan,” tegasnya.

“Nanti penyalurannya kita akan melalui saluran resmi pemerintah RI, dalam hal ini Kemenlu, mungkin juga melalui BAZNAS. Intinya melalui pemerintah Indonesia,” sambungnya.

Sementara itu, Sekjen MUI Amirsyah Tambunan mengatakan, dana sebesar Rp23 miliar merupakan hasil pengumpulan selama dua tahun. Dana itu awalnya akan diperuntukkan bagi pembangunan rumah sakit. Namun, akhirnya MUI memutuskan untuk mengalihkan anggaran bagi bantuan kemanusiaan.

“Awalnya kita niatkan membangun rumah sakit Indonesia di Hebron. Tapi kemudian ada pertimbangan lain termasuk perkembangan kemanusiaan yang harus kita segerakan,” terangnya.