JAKARTA, Eranasional.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menganugerahkan tanda kehormatan Bintang Jasa Pratama kepada Presiden Federasi Sepak Bola Dunia (FIFA), Gianni Infantino di Istana Negara, Jakarta, Jumat (10/11).

Sebelumnya, di tempat dan hari yang sama, Presiden Jokowi memberikan gelar Pahlawan Nasional kepada enam orang pejuang.

“Dengan rahmat Tuhan Yang Maha Esa, Presiden Republik Indonesia menimbang dan seterusnya, mengingat dst, memutuskan menetapkan dst kesatu, menganugerahkan tanda kehormatan bintang jasa kepada Gianni Infantino Presiden Federasi Sepak Bola Dunia (FIFA),” kata Sekretaris Militer Presiden RI Laksamana Muda TNI Hersan membacakan Keputusan Presiden di Istana Negara, Jumat (10/11/2023).

Adapun alasan Jokowi menganugerahkan Bintang Jasa Pratama kepada Gianni Infantino karena telah berjasa besar di bidang olahraga yang bermanfaat bagi kesejahteraan dan kebesaran bangsa maupun negara.

“Pengabdian dan pengorbanannya di bidang olahraga yang bermanfaat bagi bangsa dan negara dan atau dalam bakti dan jasanya diakui secara luas di tingkat nasional serta warga negara asing yang berjasa besar pada bangsa dan negara Indonesia,” sambung Hersan.

Hadir dalam acara penganugerahan itu Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin, Menko Polhukam Mahfud MD, Menteri PAN-RB Abdullah Azwar Anas, Menteri BUMN Erick Thohir, Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo, Panglima TNI Laksamana Yudo Margono, dan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo.

Penghargaan untuk Presiden FIFA ini telah disepakati dalam rapat terbatas bersama Dewan Gelar, Tanda Jasa dan Tanda Kehormatan (DGTK) di Istana Kepresidenan, Jakarta, 3 Agustus 2023. (*)