JAKARTA, Eranasional.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengakui bahwa hingga saat ini belum ada investor asing yang berminat berinvestasi di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

“Sampai saat ini belum ada investasi asing masuk IKN,” kata Jokowi di sela KTT APEC di California, Amerika Serikat, Kamis (16/11) waktu setempat.

Meski begitu, Jokowi optimis para investor asing akan tertarik masuk ke IKN, karena saat ini sudah banyak pengusaha lokal Tanah Air yang menanam modal di IKN.

Jokowi menyebut ada tiga sektor menjadi prioritas yang ditawarkan kepada para pemilik modal yaitu pendidikan, kesehatan, dan teknologi,” ujar Jokowi.

Sebelumnya, Jokowi sempat menyatakan akan menyetop investasi asing di IKN Nusantara. Alasannya kala itu, ia ingin mengutamakan investor dalam negeri untuk ikut dalam pembangunan di IKN.

Menurut dia, banyak pengusaha nasional yang berminat membangun di ibu kota baru.

“Saya sampaikan kepada Kepala Otorita, rem untuk yang dari luar, berikan kesempatan kepada investor dari dalam negeri, kalau bisa joint dengan pengusaha dalam negeri,” kata Jokowi di IKN, Rabu (1/11).

Padahal, Jokowi mengklaim, ada 130 investor dari Singapura yang tertarik berinvestasi, 30 investor dari Jepang, dan 30 investor dari Malaysia, juga ada investor dari Uni Emirat Arab yang menunjukkan ketertarikan serupa. (*)