JAKARTA, Eranasional.com – Nama Ghisca Debora Aritonang tengah ramai dibicarakan di media sosial X atau Twitter. Dia disebut-sebut sebagai pelaku penipuan dengan modus penjualan tiket konser Coldplay dengan kerugian sejumlah totalnya mencapai Rp15 miliar.

Informasi yang didapat, Ghisca adalah mahasiswa Universitas Trisakti, Jakarta. Saat dikonfirmasi, Kepala Humas Universitas Trisakti Dewi Priandini membenarkan bahwa yang bersangkutan terdaftar sebagai mahasiswa angkatan 2022.

“Kami cek di PPDikti, kemudian saya juga sudah mengecek di sistem informasi Trisakti, memang Ghisca ini mahasiswa Trisakti tahun 2022 Fakultas Ekonomi dan Bisnis di Manajemen,” kata Dewi, Sabtu (18/11/2023).

Namun, setelah didalami, ternyata Ghisca sudah tidak aktif mengikuti perkuliahan. Dia kerap tidak mengikuti perkuliahan, bahkan tak mengambil sistem kredit semester (SKS) sesuai ketentuan.

Dewi menyatakan, sebelum kasus penipuan ini, pihak Universitas Trisakti sudah berusaha mencoba menghubungi Gischa, dan dinyatakan mahasiswi itu dinyatakan sudah tidak aktif.

Bahkan, menurut dosennya, Gischa juga dikenal sebagai mahasiswi pembohong. Karena Gischa menyampai hal yang tidak sesuai kenyataan kepada orang tuanya mengenai aktivitasnya di kampus.

Kata Dewi, orang tua Gischa sempat marah-marah dengan menyebut bahwa pihak universitas tak mengurusi mata kuliah yang diambil mahasiswi tersebut.

“Menurut ceritanya dari teman-teman dan dosen Fakultas Ekonomi, orang tua Gischa pernah datang ke kampus saat masih semester. Marah-marah karena percaya cerita bohong anaknya itu,” ungkap Dewi.

“Padahal, Gischa lah yang jarang masuk perkuliahan hingga kini,” sambungnya.

Dari parasnya, Dewi menirukan perkataan seorang dosen, memiliki wajah cantik, namun sayangnya pemalas dan suka berbohong.

Pihak Univeristas Trisakti, kata Dewi, sudah mencoba menghubungi Gischa untuk mengonfirmasi kasus penipuan tersebut. Namun, perempuan muda itu tidak bisa dihubungi.

“Kami coba cari tahu juga, tapi ternyata lost contact. Kami hanya meminta data-data dari universitas, ternyata tidak aktif,” tutur dia.

Viral di Media Sosial

Adapun pemilik akun Twitter @__aqshal membagikan cuitannya terkait dugaan penipuan yang dilakukan Ghisca Debora Aritonang terhadap sang adik dan korban lainnya.

“Hidup lagi cape-capenya, dapat kabar dari adik sendiri kena tipu tiket Coldplay. Turns out the lady who’s behind it has successfully scammed about Rp 15.000.000.000.000 (ternyata perempuan ini berhasil menipu sekitar Rp15 miliar). Juara sih lo, Ghisca Debora Aritonang,” demikian isi cuitan @_aqshal dikutip, Sabtu (18/11).

Sementara itu, Kasat Reskrim Polres Metro Jakarta Pusat Kompol Chandra Mata Rohansyah mengatakan kasus dugaan penipuan dengan terlapor bernama Ghisca Debora Aritonang telah diterima pihaknya.

“Terlapornya benar yang itu (Ghisca Debora Aritonang). Untuk laporan polisi yang kami tangani, kerugian yang dilaporkan Rp1,3 miliar,” kata Chandra, Sabtu (18/11). (*)