JAKARTA, Eranasional.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah resmi melantik Jenderal Agus Subiyanto sebagai Panglima TNI menggantikan Laksamana Yudo Margono. Ada tiga janji yang diucapkan Agus.

Presiden Jokowi melantik Agus Subiyanto di Istana Negara, Jakarta, Rabu, 22 November 2023 pukul 10.00 WIB. Pelantikan Panglima TNI ini diawali pembacaan keputusan Presiden RI tentang pemberhentian dan pengangkatan Panglima TNI.

Setelah itu, Presiden Jokowi menyematkan tanda pangkat dan penyerahan tongkat Komando Panglima TNI kepada Jenderal Agus Subianto. Jokowi kemudian memimpin pembacaan sumpah jabatan.

Usai dilantik, Jenderal Agus menyatakan ada tiga janji yang akan direalisasikan sebagai Panglima TNI. ketiga janji itu adalah membebaskan pilot Susi Air yang ditahan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) Papua, menaikkan tunjangan lauk pauk personel TNI, dan membentuk satuan drone dan siber.

Untuk membebaskan pilot Susi Air, Philip Mark Mehrtens, Agus akan melakukan diplomasi. Diplomasi ini akan melibatkan Forkopimda dan mengedepankan operasi teritorial.

Sebagai informasi, Philip sudah hampir 10 bulan disandera KKB di Papua Pegunungan.

“Kita akan melibatkan Forkopimda di sana untuk komunikasi, berkomunikasi, itu saja. Makanya ke depan kita kedepankan operasi teritorial,” kata Agus di Kompleks Istana Negara, Jakarta, Rabu, 22 November 2023. (*)