Samad mengatakan ritual cukur gundul ini sebagai simbol bahwa KPK harus dibersihkan dari orang yang tidak bertanggung jawab.

“Orang-orang yang selama ini merusak marwah KPK harus dibersihkan, agar supaya pemberantasan korupsi berjalan lagi sebagaimana mestinya,” kata Samad.

Selain cukur bersama Abraham Samad, Harun Al Rasyid, Novel Baswedan, dan para mantan pegawai KPK yang tergabung dalam Indonesia Memanggil (IM) 57+ Institute juga membawa dua tukang nasi goreng untuk membagi-bagikan makanan tersebut yang dimasak di tempat.

Maksud dari bagi-bagi nasi goreng itu adalah menyindir Firli Bahuri pernah mengadakan acara masak-masak nasi goreng pada saat ia harusnya dipanggil penyidik Polda Metro.

Polda Metro Jaya Tetapkan Firli Bahuri Jadi Tersangka

Polda Metro Jaya akhirnya menetapkan Firli Bahuri sebagai tersangka dugaan pemerasan atau penerimaan gratifikasi atau hadiah/janji terhadap eks Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo (SYL).

Status tersangka Firli ditetapkan dan diumumkan setelah penyidik Polda Metro Jaya menggelar ekspose atau gelar perkara.

“Menetapkan Firli Bahuri selaku Ketua KPK RI sebagai tersangka dalam perkara dugaan tindak pidana korupsi berupa pemerasan atau penerimaan gratifikasi,” kata Direktur Kriminal Khusus Polda Metro Jaya Kombes Ade Safri di Mapolda Metro Jaya, Rabu, 22 November 2023.