JAKARTA, Eranasional.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan segera memutuskan Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) yang baru pengganti Jenderal Agus Subiyanto.

Seperti diketahui, Agus Subiyanto telah dilantik sebagai Panglima TNI menggantikan Laksamana Yudo Margono.

“Saya kira minggu depan akan kita putuskan,” kata Jokowi di Indonesia Arena, Senayan, Jakarta Pusat, Sabtu, 25 November 2023.

Lalu, Jokowi menyatakan bahwa Panglima Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat (Pangkostrad) Letnan Jenderal Maruli Simanjuntak merupakan salah satu kandidat KSAD.

“Ya salah satu kandidat (Letjen Maruli,” ucap Jokowi tanpa menyebut nama kandidat lainnya.

Untuk diketahui, posisi KSAD saat ini masih kosong karena KSAD sebelumnya, Jenderal Agus Subiyanto, dilantik menjadi pPanglima TNI pada Rabu, 22 November 2023 kemarin.

Ketua Komisi I DPR Meutya Hafid mengatakan, ada tiga nama yang berpeluang mengisi posisi KSAD yakni Letjen TNI Maruli Simanjuntak, Letjen TNI Suharyanto, dan Letjen TNI I Nyoman Cantiasa.

Suharyanto adalah Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) sedangkan Nyoman adalah Koordinator Staf Ahli (Koorsahli) KSAD.

“Ada beberapa nama. Pak Maruli salah satu yang kuat, kemudian ada Pak Suharyanto, kepala BNPB, dan Pak Nyoman Cantias,” ungkap Meutya.

Sementara itu, Maruli menyatakan siap apabila ditunjuk menjadi KSAD.

“Kalau tentara, ya ditunjuk, enggak ditunjuk, harus bekerja terus,” kata Maruli di Kantor Kementerian Sekretariat Negara, Jakarta, Senin, 30 Oktober 2023. (*)