JAKARTA, Eranasional.com – Masjid Al-Muqarrabien di Jalan Enggano Raya, Tanjung Priok, Jakarta Utara, membuka pendaftaran bagi masyarakat yang bersedia menjadi relawan dan akan diberangkatkan ke Gaza, Palestina.

Ketua Masjid Al-Muqarrabien, Mohammad Tawakal mengatakan pendaftaran secara gratis ini dibuka sejak Rabu, 29 November 2023 melalui daring dan luring.

“Sampai dengan hari ini yang sudah mendaftarkan diri sebagai relawan kemanusiaan hampir 400 orang,” kata Tawakal saat ditemui di Masjid Al-Muqarrabien, Jumat, 1 Desember 2023.

Kemudian dia menjelaskan alasan Masjid Al-Muqarrabien membuka pendaftaran relawan kemanusiaan untuk pergi ke Palestina.

“Beberapa hari belakangan ini kami melihat ada kejahatan kemanusiaan yang dilakukan di Palestina. Kami tidak bisa tinggal diam, kami harus berbuat,” tegas Tawakal.

“Karena ibadah tertinggi itu adalah membuat kebaikan terhadap sesama makhluk Tuhan,” sambungnya.

Dia mengklaim, gerakan ini dilakukan secara mandiri tanpa bekerja sama atau dukungan dari pemerintah.

Rencananya, para relawan yang sudah terdaftar dan dinyatakan memenuhi persyaratan atau lolos seleksi akan diberangkatkan ke Palestina pada Februari dan Maret 2024.

Tugas Relawan

Lanjut Mohammad Tawakal menjelaskan, tiba di Gaza, Palestina, para relawan dari Indonesia tidak ditugaskan ikut berperang melawan militer Israel, melainkan untuk bantuan kemanusiaan.

Menurut Tawakal, relawan kemanusiaan yang diberangkatkan akan terbagi ke berbagai bidang sesuai dengan kapasitasnya masing-masing.

“Ada bidang tenaga, misalnya untuk mengangkat korban yang terluka. Ada juga medis, ada juga bidang mekanik. Karena di sana terjadi kerusakan yang parah,” jelas Tawakal. (*)