JAKARTA, Eranasional.com – Jabatan prestise yang di sandang Erick Thohir bertambah. Setelah Menteri BUMN dan Ketua Umum Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI), kini dia juga mengemban sebagai Ketua Lembaga Kajian dan Pengembangan Sumber Daya (Lakpesdam) PBNU.

“Sudah saya tandatangani SK (Surat Keputusan) baru pergantian ketua Lakpesdam ke Pak Erick Thohir,” kata Ketua Umum PBNU Yahya Cholil Staquf saat membuka acara Muktamar Pemikiran NU 2023 di Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta Timur, Jumat pekan lalu seperti dikutip dari situs resmi PBNU, Senin, 4 Desember 2023.

Muktamar Pemikiran NU digelar dari tanggal 1-3 Desember 2023 merupakan acara yang digelar Lakpesdam PBNU. Forum ini mengusung tema ‘Imagining the Future Society’.

Erick Thohir menggantikan posisi Ulil Abshar Abdalla dan Hasanuddin Ali sebagai Ketua Lakpesdam PBNU. Gus Yahya berharap pergantian kepemimpinan ini dapat memberikan energi baru dalam mengembangkan operasional NU melalui Lakpesdam PBNU.

“Karena saya mau membangun teknokrasi dalam operasi organisasi NU, dan Pak Erick Thohir merupakan orang yang berpengalaman, memiliki track record kinerja yang bagus sekali dalam persoalan itu,” ucap Gus Yahya.

Diungkapkannya, di bawah kepemimpinan Erick, Lakpesdam PBNU dicanangkan sebagai Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas)-nya PBNU.

“Saya ingij membangun Lakpesdam ini menjadi Bappenas-nya PBNU. Pak Erick sudah bersedia,” pungkasnya.

Sebelumnya, Erick Thohir merupakan Anggota Kehormatan Barisan Ansor Serbaguna (Banser). (*)