JAKARTA, Eranasional.com – Calon presiden (capres) nomor urut 2, Prabowo Subianto menyatakan dirinya akan menghormat siapa pun pemenang Pilpres 2024.

Ketua Umum Partai Gerindra ini memastikan akan tetap hormat meski bukan dia yang menjadi Presiden RI hasil Pilpres 2024.

“Saudara-saudara, siapa pun yang menang nanti, yang mendapatkan mandat, akan saya hormati kalau bukan saya yang menang,” kata Prabowo di Djakarta Theater, Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Jumat, 8 Desember 2023.

Sementara, jika dirinya menang akan merangkul semua kekuatan politik. Menurutnya, tidak boleh ada yang sakit hati jika kalah dalam pemilu.

“Kita tidak boleh sakit hati. Kalau cinta dengan negara ini, cinta rakyat Indonesia, seorang yang ingin berbakti kepada negara, kepada rakyatnya, tidak ada tempat untuk perasaan pribadi, tidak ada tempat,” ujarnya.

“Kalau dia sungguh-sungguh ingin berbakti kepada negara, berarti pribadinya, jiwanya sudah bukan milik dia lagi. Tapi milik seluruh rakyat Indonesia,” sambung Prabowo.

Karena itu, Menteri Pertahanan (Menhan) RI yang kini berpasangan denagn putra sulung Presiden Joko Widodo (Jokowi), Gibran Rakabuming Raka ini mengajak semua pihak untuk menjaga persatuan dan kerukunan. Dia menegaskan, akan menghormati keputusan dan kehendak rakyat Indonesia.

“Siapa pun yang nanti dipilih oleh rakyat, akan saya hormati, dan itu akan saya buktikan,” ucapnya.

Dia lantas mencontohkan ketika dirinya kalah dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebanyak dua kali, yakni di Pilpres 2014 dan 2019. Katanya, meski kalah dirinya tetap menghadiri acara pelantikan Jokowi sebagai Presiden RI.

“Saya tidak pernah tidak datang. Saya hormat dengan beliau yang menerima mandat dari rakyat. Dan yang keduakalinya beliau menang, saya diajak bersatu untuk membangun negeri ini,” imbuh Prabowo. (*)