JAKARTA, Eranasional.com – Marthinus Hukom dilantik Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjadi Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN), Jumat, 8 Desember 2023. Marthinus berjanji akan memiskinkan bandar narkoba.

Awalnya, Marthinus menyebut ada tiga hal yang harus diperhatikan dalam membasmi peredaran narkoba di Indonesia. Tiga hal tersebut adalah suplai, permintaan (demand), dan dukungan keuangan.

Dia lantas bertekad akan melemahkan sumber keuangan para bandar narkoba sehingga tidak mempunyai kesempatan untuk melakukan peredaran narkoba di Indonesia.

“Tiga hal itu harus kita hentikan, kita miskinkan bandar-bandar narkoba tersebut,” kata Marthinus usai dilantik Presiden Jokowi di Istana Kepresidenan, Jakarta.

Mantan Kepala Detasemen Khusus (Densus) 88 Antiteror ini menegaskan, dirinya tidak akan mentolerir jika ada oknum aparat negara yang terlibat dalam peredaran narkoba.

Diakuinya, keterlibatan oknum aparat mempersulit pemberantasan narkoba. Jaringan bandar narkoba akan semakin kuat, sehingga strukturnya harus dilemahkan.

“Ketika struktur yang terlibat dalam peredaran narkoba kuat, maka kekuatan jaringan itu harus kita lemahkan. Kita harus melemahkan sumber-sumber keuangannya,” ujarnya.