JAKARTA, Eranasional.com – Sempat ditutup pemerintah Indonesia pada Oktober 2023 lalu, TikTok Shop akhirnya diperbolehkan beroperasi kembali mulai 12 Desember 2023. Bedanya, kali ini TikTok Shop bekerja sama dengan Tokopedia.

TikTok dan PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GoTo) secara resmi mengumumkan kemitraan strategis ini dalam rangka mendorong pertumbuhan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Indonesia.

“Ke depannya, kami bekerja sama dengan Tokopedia untuk secara aktif mendukung pertumbuhan ekonomi digital dengan memberdayakan UMKM Indonesia,” tulis TikTok dalam pers rilisnya secara tertulis, Senin, 11 Desember 2023.

Dengan begitu, lanjut TikTok Shop, para seller sudah dapat mengakses dan mengelola produk di Seller Center. Namun, transaksi baru bisa dilakukan pada tanggal 12 Desember 2023.

“Campaign bersama kami yang pertama, Beli Lokal, akan diluncurkan pada Selasa, 12 Desember 2023 bersamaan dengan Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas),” jelasnya.

Sebagai informasi, TikTok akan berinvestasi ke Tokopedia sebesar US$1,5 miliar atau sekitar Rp23,4 triliun.

Selain itu, fitur layanan belanja dalam aplikasi TikTok di Indonesia ini juga akan dioperasikan dan dikelola oleh PT Tokopedia.

“TikTok akan menginvestasikan lebih dari US$1,5 miliar, sebagai komitmen jangka panjang untuk mendukung operasional Tokopedia, tanpa dilusi lebih lanjut pada kepemilikan GoTo di Tokopedia,” bunyi keterangan TikTok.

TikTok, Tokopedia, dan Grup GoTo juga akan berkomitmen memberikan manfaat lebih banyak kepada para pelaku UMKM di Indonesia dengan memanfaatkan platform e-commerce ini, juga akan menciptakan jutaan lapangan kerja baru dalam lima tahun mendatang.

Atas penggabungan kedua bisnis ini, lebih dari 90% merchant merupakan pelaku UMKM. (*)