JAKARTA, Eranasional.com – Mantan Wapres Jusuf Kalla secara resmi menyatakan dukungannya ke Pasangan nomor urut 1, Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar di Pilpres 2024.

Muhaimin Iskandar (Cak Imin) pun merasa bahagia, mantan wakil presiden Jusuf Kalla (JK) mendukung dia dan Anies Baswedan dalam Pilpres 2024.

“Sempat kita khawatir karena lama enggak ada keputusan dari beliau. Jadi membahagiakan sekali, kita tunggu-tunggu, karena saya khawatir berubah,” kata Cak Imin di Depok, Jawa Barat, Selasa 19 Desember 2023.

Dukungan JK terhadap AMIN membuatnya semakin bersemangat.

Ia yakin JK akan mempunyai menggerakkan seluruh kekuatan yang dimilikinya untung memenangkan Paslon nomor urut 1.

“Kalau sudah menentukan pilihan akan mampu mengerakkan terutama seluruh kekuatan yang dimiliki Pak JK, baik di Jawa maupun di luar Jawa,” ungkap dia.

Senada, Tim Nasional (Timnas) Pemenangan AMIN Sudirman Said mengatakan JK telah menyatakan pilihan dukungannya kepada pasangan AMIN.

“Beliau menekankan perlunya berhati-hati dalam memilih pemimpin. Terlebih lagi pemimpin nasional,” kata Sudirman dalam keterangannya.

Sudirman mengatakan JK telah mempertimbangkan berbagai aspek untuk mendukung AMIN.

Di antaranya rekam jejak, pengalaman dan integritas.

“Harus benar-benar diperhatikan rekam jejak, pengalaman, kompetensi, intelektual, dan integritas,” kata dia.

Sebelumnya, JK mengungkapkan telah lama memberikan dukungan kepada kepada Anies Baswedan sebagai calon presiden.

Namun, karena menjabat sebagai Ketua Palang Merah Indonesia (PMI), JK memiliki batasan untuk menyampaikan sikap.

Belakangan juga banyak pertanyaan soal dukungan pada Pilpres 2024

“Saya betul-betul menyampaikan sikap saya mudah-mudahan ada manfaatnya. Saya sebenarnya sudah lama mendukung Anies secara pribadi. Tapi karena saya Ketua PMI memiliki batasan,” kata JK saat bertemu dengan relawan AMIN di Makassar, Sulsel, Selasa 19 Desember 2023. (*)