JAKARTA, Eranasional.com – Cawapres nomor urut tiga, Mahfud MD menyebut program food estate yang digaungkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) gagal total.

Mahfud mengatakan itu saat menghadiri acara bedah visi misi dan adu gagasan cawapres 2024 di Universitas Andalas (Unand), Kota Padang, Sumatera Barat.

Salah satu panelis di acara itu adalah Hery Bachrizal Tanjung, dosen Fakultas Pertanian Unand. Dia menanyakan terkait pembangunan pertanian seperti apa yang akan dikembangkan Mahfud nantinya jika berhasil bersama Ganjar Pranowo memenangi Pilpres 2024.

“Pembangunan pertanian seperti apa yang 03 ingin kembangkan? Food estate-kah, yang telah gagal lima kali di Indonesia? Atau mode swasembada pangan seperti di zaman Pak Harto (Orde Baru), atau seperti apa?” tanya Hery, Senin, 18 Desember 2023.

Menanggapi itu, Mahfud awalnya menyebutkan arti dari beberapa istilah dalam pertanian seperti Kedaulatan, Kemandirian, dan Keamanan Pangan. Menurut dia, Kedaulatan Pangan berarti kapan pun negara membutuhkan pangan harus tersedia.

“Entah dari mana sumbernya, pokoknya harus ada. Kalau Kemandirian Pangan, kapan pun negara membutuhkan harus ada, tetapi harus diproduksi di dalam negeri,” jelas Mahfud.

“Kemudian Keamanan Pangan, harus bisa aman dari perubahan situasi, perubahan apa pun. Pangan harus aman tetap tersedia. Kira-kira begitu pengertian yang paling populer tentang pangan ini,” sambungnya.

Lalu, dia menyatakan sependapat dengan Hery bahwa program food estate yang digaungkan Presiden Jokowi gagal. Dia memberi alasan pendapatnya tersebut.

“Food estate yang sekarang digembar-gemborkan saya kira semua orang punya pesan yang sama. Itu gagal pak! Kenapa bisa gagal? Karena kita menyediakan lahan yang besar, tapi tidak memikirkan bahwa lahan yang besar dengan modal yang besar itu harus ada petani. Sementara itu, lahan yang disediakan itu enggak ada orangnya,” ungkap Mahfud.

Debat Cawapres

Pernyataan Mahfud MD tersebut direspon oleh kompatriotnya, Ganjar Pranowo. Capres nomor urut tiga ini menyarankan agar masyarakat menyaksikan debat cawapres nanti untuk mengetahui bagaimana dirinya dan Mahfud memiliki program tentang pangan.

“Kita lihat di debat cawapres besok,” kata Ganjar di Bantul, Yogyakarta, Selasa, 19 Desember 2023. (*)